February 10, 2012

Distillation Column Parts

Agar mempermudah dalam perbaikannya (maintenance) kita harus mengetahui bagian bagian dari suatu equipment sampai sedatail mungkin. Bagian dari sebuah column adalah sebagai berikut:

1. Shell

Adalah sebuah dinding colom yang berbentuk menyerupai tabung. ketebalan dari suatu dinding shell tergantung dari berapa kapasitas daya tampung dan berapa tekanan operasinya. Dinding shell ini digunakan untuk meletakkan tray.

2. Tray


Adalah sebuah pelat didalam column yang digunakan untuk membagi bagian dalam colum menjadi beberapa sekmen atau tingkat. Tray ini digunakan untuk menampung minyak saat proses distilasi.

3. Bubble Cap


Adalah alat yang berbentuk seperti mangkok yang digunakan untuk menahan fluida agar tidak langsung jatuh kebawah.

4. Man Hole


Adalah nama dari suatu lubang yang digunakan oleh orang untuk memasuki bagian dari shell. Jumlah manhole pada jenis column berbeda-beda, ada yang dibuat disetiap tingkatan dari sebuah column atau tray untuk mempermudah dalam perbaikannya ketika salah satu tray ada yang rusak.

5. Top Cover


Adalah nama dari penutup bagian atas shell. kenapa cover ini harus ada, karena ukuran dari tray yang lebih besar dari pada manhole sehingga tray yang akan dikeluarkan untuk perbaikan harus melewati lubang top cover.

Itulah beberapa pokok bagian dari sebuah Distilations Column. untukmelihat lebh detailnya lihat gambar dibawah ini. Untuk cara maintenance akan hadir di hari berikutnya.

Silahkan download Distillations Data Sheet





No comments:

Post a Comment