February 10, 2012

Distillation

Pengertian dari Distillation

Suatu proses yang mana didalamnya terdapat liquid atau vapour yang dipisahkan berdasarkan fraksi kemurnian yang diinginkan dengan penambahan atau pengurangan panas.


Untuk melakukan proses distilasi ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu perbedaan komposisi antara fase uap dengan fase cair. jika komposisi uap sama dengan fase cair maka proses distillasi tidak dapat dilakukan.


Pada dunia perminyakan proses distilasi adalah proses yang paling utama. Distilasi dilakukan dalam sebuah distillation column untuk membagi fasa yang terkandung dalam crude oil untuk mendapatkan produk BBM dan Non BBM. Secara umum proses distilasi pada perminyakan adalah sama. Seluruh proses distilasi memerlukan peralatan peralatan yang digunakan untuk mendukungnya. Peralatan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Distillation Column
  2. Condensor
  3. Cooler
  4. Furnace
  5. Deflagmator
  6. Stripper

Proses kerja distilasi perminyakan

Minyak (crude oil) yang berasal dari Storage Tank dialirkan melalui pipa dengan bantuan pompa ke furnace untuk melakukanpemanasan awal mencapai suhu kurang lebih 300C. Kemudian crude di pompakan lagi kedalam sebuah  Distillation Column melalui nozzle inlet . Didalam column inilah terdapat suhu yang berbeda-beda antara suhu yang di bawah dan yang diatas. Crude oil ini memiliki banyak kandungan yang akan menguap sesuai dengan titik didihnya( boiling point).
Produk kemudian dialirkan melalui condensor untuk merubah fasa produk yang dari vapour menjadi liquid. proses selanjutnya produk akan didinginkan didalam cooler sebelum produk tersebut di simpan didalam storage tank produk.

No comments:

Post a Comment