February 11, 2012

Steam Leaks Repair For Flange Part 1

Senin 07 februari 2011 Perbaikan stem yang bocor pada flange 4"
Cara perbaikan:
  1. Koordinasi kepada pihak operasi untuk merencanakan perbaikan. Apakah Pekerjaan itu Aman untuk dikerjakan?, Apakah itu bisa dikerjakan?, Bagaimana kita mengerjakannya?.
  2. Persiapan terdapat 4 macam. 1.Persiapan keselamatan yang meliputi APD dan Non APD. 2.Persiapan Material( Apa saja material yang akan dipakai). 3.Persiapan Alat (Alat Apa saja yang harus dibawa untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. 4. Administrasi apa saja yang dibutuhkan? (Permit, JSA (Job safety Analysis).
  3. Pelaksananan.
Sebelum lebih mendalam dalam pelaksanaan mari kita identifikasi tentang hal yang akan kita perbaiki. Terdapat bocoran Flange 4". Fluida didalamnya adalah steam. Tekanan steam 15kg/cm2. untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.

Tahap Pelaksanaan:
Alur Pada face flange
  1. Mengosongkan tekanan yang ada didalamnya dengan menutup valve sebelum terdapat bocoran. Membuka kerangan drain setelah bocoran untuk membuang sisa tekanan yang terjebak.
  2. Membuka baut pengikat pada flange sesuai dengan standar: Alat yang digunakan adalah palu kuningan dan kunci 3/4" atau no 32.
  3. Periksa pada permukaan flange. Jika terdapat alur seperti pada gambar disamping maka akan dilakukan ketahap no 4.
  4. Melelakukan pengengelasan pada daerah yang beralur.
  5. Menggerenda bagian yang telah dilas untuk meratakan lasan agar rata dengan face yang lainnya. jangan lupa pakai alat penyiku untuk mengecek kerataan. lihat pada gambar disamping.
  6. Memasang kemballi flange tersebut dengan memasang baut. jangan lupa mengganti gasketnya. Gunakan gasket klingrit 1000 untuk packingnya. Kenapa tidak memakai spiral wuld? alasanya karena dengan panas steam dan tekanan 15kg/cm2 masih dapat dihandlenya. jika ada yang murah masih bisa untuk perbaikan kenapa harus yang mahal.

Cukup sekian dari saya jika ada yang perlu ditambah atau pertanyaan silahkan comen saja ditempat dibawah ini.

Steam Leaks Repair On The Flange Part: 1 2

    No comments:

    Post a Comment