February 7, 2012

Heat Exchanger

Heat Exchanger adalah alat yang digunakan untuk menukar panas antara dua fluida yang saling berbeda temperaturnya. Pertukaran panas mengalir dari temperatur yang bertemperatur tinggi ke fluida bertemperatur rendah. Perpindahan panas heat exchanger ada dua macam yaitu dengan perantara dan tanpa perantara. Heat Exchanger memiliki banyak macam dan tipenya tergantung dari kegunaannya.

Macam-macam Heat Exchanger;

  1. Heat Exchanger

    Heat Exchanger jenis ini adalah alat yang digunakan untuk menukarkan panas dari temperatur tinggi ke temperatur rendah melalui perantara (konduksi) media perantaranya meggunakan tubing. Fluida Yang akan dipanaskan atau didinginkan merupakan fluida yang sama. Contoh fluidanya adalah "minyak dengan minyak".
  2. Cooler

    Adalah Heat Exchanger yang berfungsi untuk mendinginkan fluida. Fluida utama adalah fluida yang didinginkan. Fluida pendinginnya biasanya mengunakan air(water). Cooler ini penukaran panas melalui perantara (konduksi) media perantaranya adalah cubing.

  3. Chiler

    Chiler adalah alat penukar panas yang fungsinya hampir sama dengan cooler yaitu mendinginkan fluida utama. hanya saja fluidanya pendinginnya menggunakan refigeran, vreon.

  4. Reboiler

    Alat penukar panas yang digunakan untuk memanaskan dan menguapkan sebagian dari fluida utama. fluida utama akan menjadi dua fasa (cair dan gas). Fluida yang bbiasa untuk memanaskannya menggunakan steam. 
  5. Condenser

    Adalah alat yang digunakan untuk merubah fasa fluida dari gas menjadi cair. Proses ini disebut dengan proses kondensasi. Hasil dari condensasi ini dinamakan kondensat. Condensor ini untuk posisi pada umumnya adalah vertikal. Fluida untuk pendinginannya menggunakan air bertekanan rendah dan mempunyai flow yang rendah.

    Download Heat Exchanger Data sheet




No comments:

Post a Comment