February 7, 2012

Piping Systems

Piping System adalah suatu sisitem perpipaan yang mengintregrasikan suatu peralatan dengan peralatan yang lain digunakan untuk mentransfer fluida. Dalam sistem perpipaan ini banyak membahas tentang Pipa, Fitting dan Valve. Untuk menggambarnya kita harus tahu tentang gambar isometrik. Dibawah ini adalah contoh gambar dari system perpipaan.


A.Jenis-Jenis Pipa Berdasarkan Pembuatannya

1. Seamles Pipe

Seamles pipe adalah pipa yang dibuat tanpa sambungan. Pipa dibuat dari besi pejal yang di panasi mencapai suhu diatas 2000 F dan ditusuk pada bagian tengahnya sehingga membentuk tabung, kemudian di rool dengan mandrel sesuai dengan diameter yang disetandarkan. Pipa jenis ini seringkali digunakan untuk tekanan tinggi. Jenis dan macamnya telah diatur didalam suatu setandar yang direkomendasikan yaitu ANSI/ASME A-106 dan API 5L.

2. Welded Pipe

Welded pipe adalah pipa yang dibuat dengan melibatkan weld didalam proses pembuatannya. Welded pipe dibuat dari plat datar yang diroll dengan ukuran yang disetandarkan kemudian dilas. Ada banyak cara pengelasan dalam pembuatan welded pipe. Cara penyambungannya akan dibahas dibawah ini.
 

A. Butt Welded Pipe

Butt Welded Pipe adalah pipa yang dibuat dari plat yang di rool dengan diameter yang ditentukan dan disambung dengan las. Pipa jenis ini digunakan untuk service yang lebih rendah dibanding dengan seamles pipe.  Sambungan plate yang akan dilas menggunakan Butt (saling bertemu. Ukuran yang tersedia untuk pipa jenis ini dimulai dari 1/8" hingga 4". Pipa ini diatur dalam suatu standar ANSI/ASTM Specifications A-53 dan A-120.

B. Lap Welded Pipe

Lap welded pipe adalah pipa yang dibuat sama dengan butt welded pipe hanya saja untuk sambungan platenya menggunakan lap (saling bertumpuk). Sevice yang digunakan lebih baik daripada butt welded. ukuran pada pipa jenis ini dimulai dari 4" sampai 16". Standar yang dipakai untuk lap welded pipe adalah ANSI/ASTM A-53 dan A-120

C. Spiral Welded Pipe


Adalah pipa yang dibuat dari plate yang di roll sehingga menjadi bulat dengan teksture spiral. Pipa ini digunakan untuk pipa bertekanan rendah. Pada sambungannya berbentuk gruve double v atau x yang dilah pada bagian luar dan dalam. Ukuran Spiral welded pipe dimulai dari 40" dan panjangnya diatas 60 feet. Standar yang dipakai dalam pembuatannya adalah ANSI/ASTM Specifications A-21 dan API scecification 5LS.





No comments:

Post a Comment