February 14, 2012

Piping Connections

Tanpa melibatkan material suatu piping, ada empat dasar metode-metode yang berbeda dalam penyambungan pipa yang biasa digunakan.
  1. Welding (las), Brazing or Bonding
  2. Threaded connections
  3. Mechanichal Connectors
  4. Bell and Spigot-type Connections

Welding

Adalah suatu metode yang paling baik  untuk menyediakan sambungan permanen antara dua material pipa metal untuk mencegah kebocoran  melalui satu dari beberapa proses pengalasan. Untuk mengetahui tentang informasi dari specificasi weding dan operator terdapat pada ASME Boiler And Pressure Vessel Code Section IX, "Welding And Brazing Qualifications."
Welding menyediakan sebuah permanent bound antara dua bagian yang disambung dengan melelehkan sebagian dari bagian sambungan dengan menambah material tambahan yang berfungsi untuk filler rod. Material yang digunakan untuk filler adalah material yang sama komposisinya dengan material yang akan disambung.
welding

Threaded Connections

Adalah suatu metode penyambungan dua bagian menjadi satu dengan menggunakan ulir. Sambungan jenis ini flexible atau dapat dilepas tanpa harus merusak material. Ulir jenis sambungan pipa menggunakan ulir metris. Sambungan menggunakan ulir biasanya dipakai untuk tekanan rendah dan fluida tidak berbahaya seperti air. untuk perbaikannyapun lebis mudah dibandingkan dengan menggunakan las (welded).
lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Threaded





No comments:

Post a Comment