February 13, 2012

Flange Facings

Adalah penggolongan flange berdasarkan pada face yang digunakan. Face ini digunakan untuk tempat gasket untuk menahan kebocoran. Bentuk face berpengaruh terhadap kekuatan tekanan yang dihandlenya. Macam-macam dari face pada flang banyak macamnya, seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

Raise Face

Adalah jenis flange yang mempunyai face menonjol ke depan sekitar 1/16" yang digunaka untuk service tekanan cukup tinggi. Inilah yang sering digunakan didalam suatu refinery. Flange ini memiliki face yang beralur kecil. silahkan lihat dibawah ini.

Lap Joint

Adalah jenis flange ini memiliki fece 1/16" yang tidak menyatu dengan flange akan tetapi menyatu dengan stud end. Face Stude End inilah yang akan menjadi tepat dudukan gasket agar tidak terjadi bocoran. Flange ini flexible atau dapat bergerak maju maupun mundur, Flange dapat berputar sehingga mempermudah dalam pemasangan bolt. Lihat seperti gambar dibawah ini

Lap Joint

Large male and female

Flange ini mempunyai face yang berbeda antara pasangannya.Flange jenis ini tidak bisa digunakan face yang sejenis misal female to female. Bentuk dari face jenis ini terdapat tonjolan keluar untuk malenya dan menonjol kedalam untuk female. Pada face female inilah gasket diletakkan dan male akan mendorongnya. Flange ini digunakan untuk fluida bertekanan tingggi dilihat dari desainnya yang terdapat dudukan gasket. Lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini:
Large Male and female

Small male and female

Flange jenis ini hampir sama denga flange diatas. Perbedaan flange diatas dengan flange ini adalah terletak pada ukuran dudukan gasketnya. Gasket yang digunakan pada flange ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis flange diatas. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.
Small Male and Female

Flat Face

Adalah flange yang memiliki permukaan untuk tempat gasket yang rata. Jenis flange ini digunakan untuk tekanan rendah. Rating yang digunakan pada flange jenis ini biasanya 150LB. Jika pada refenery oil and gas flang ini digunakan untuk service cooling water. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini;

Flat face

Page: 1  2

No comments:

Post a Comment