February 12, 2012

Flange

Flange adalah asesoris perpipaan (Piping System) yang digunakan untuk menyambung pipa dengan pipa dengan alat bantu baut untuk pengikatnya dan gasket untuk mencegah kebocoran. Flange ini biasa digunakan untuk mempermudah saat akan melakukan perbaikan, hanya melepas baut pengikatnya saja. Dengan flange ini pengerjaan akan menjadi lebih cepat dan effektif. Adapun kekurangan dari penggunaan flange yaitu persentase kebocoran yang akan timbul semakin besar dibandingkan dengan sambungan dengan sistem welding (las). Flange ini banyak jenis dan macamnya yang akan kita bahas dibawah ini.


Macam-macam Flang: 

Slip On Flange

Adalah flange yang  cara febrikasinya adalah dengan cara memasukkan pipa kedalam lubang flange dan mengelasnya (welding) pada bagian dalam dan luarnya.  Flange jenis ini digunakan untuk service bertekanan tinggi. Utuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.
Slip-On Flange

Welding Neck Flange

Adalah Flange yang mempunyai bagian kusus yang menyerupai leher (neck) alat penyambungannya dengan menggunakan butt welding. Flange jenis ini digunaka untuk tekanan tinggi dan bagian nozzle pada vessel.  untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.
Welding Neck Flange

Socket Welding

Adalah flange yang bentuknya menyerupai slip-on. Perbedaannya hanya pada jenis penyambungannya terhadap pipa. jika untuk socket welding type terdapat lubang bertingkat yang digunakan untuk dudukan pipa yang akan dipasang dengan flange. Pengelasan dilakukan hanya pada bagian luarnya saja. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Socket Welding Flange

Lap Joint

Adalah flange yang cara penyambungan pipanya dengan butt weld. kerena flange ini mempunyai lap joint Stud end yang akan disambung ke pipa. Stud end ini berada didalam lubang lap joint flang. Flange ini bersifat flexible (dapat berubah-rubah). Ferbrikasi dengan flange jenis ini sangatlah mudah jika ukuran panjang pipa sesuai dengan yang di setandarkan. silahkan lihat pada gambar dibawah ini.
Lap Joint Flange




Page: 1 2

No comments:

Post a Comment

Post a Comment